Skip to main content

Penggunaan media sosial yang luas dan massif, memaksa para pebisnis beragam skala harus terjun ke dunia pemasaran digital bila ingin produk dan jasanya dikenal dan dibeli oleh masyarakat. Maka penggunaan strategi pemasaran digital yang cerdas, dengan pemilihan platform media sosial yang tepat adalah kemampuan mendesak yang wajib dikuasai oleh para pebisnis, terutama Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan wirausahawan sosial yang baru memulai kiprah usahanya.

Social Entrepreneur Academy (SEA) Perkumpulan Pusaka Indonesia Gemahripah (PIG) yang telah meluncurkan dua angkatan kelas wirausaha sosial, Sabtu 11 Maret 2023 lalu di Ubud Bali mengadakan pelatihan pemasaran digital yang dibawakan oleh mentor dari Indonesia Council for Small Business (ICSB) Tabanan Adex Wahyuni yang juga pemilik usaha Dupa Sukla Bali.

Dalam penjelasannya, Adex memaparkan bahwa tren kekinian yang sedang banyak dimanfaatkan oleh para pebisnis adalah media sosial Tiktok. Platform yang selama ini lebih dikenal sebagai tempat orang joget-joget dan konten-konten prank yang tidak bermutu, ternyata menyimpan potensi luar biasa untuk pemasaran digital bila memahami tips dan trik optimalisasinya.

 

ilustrasi Tiktok bsumber: shutterstock.com

Tiga cara jitu jualan di Tiktok menurut Adex adalah melalui kegiatan live streaming, pembuatan dan upload short video, dan bekerjasama dengan creator lain. Lebih jauh lagi Adex menjelaskan cara memaksimalkan short video dan live streaming di Tiktok, gunakan trending music, teks yang sesuai, video effects, stiker, hashtag, call to action, dan hindari pelanggaran. Pelanggaran yang dimaksud adalah penjualan produk yang dilarang seperti produk politik, alat kesehatan, rokok, alkohol dan sebagainya. Konten yang tidak sesuai misal dengan menggunakan model anak dibawah umur dalam promosi produk, pada saat live streaming menggunakan pakaian yang terbuka, dan mengalihkan traffic ke platform lain, konten yang di upload kembali (pengulangan) sebagai short video, dan juga gambar yang diam tidak bergerak saat live.

“Dari pengalaman saya, penting untuk menentukan audiens (view) siapa yang menjadi target kita. Misal gender, usia, wilayah, dan lainnya, lalu tentukan konten dari hasil analis view. Buatlah video yang menarik, di mana 2-3 detik pertama membuat orang stay di akun kita dengan pencahayaan cukup dan konten yang jelas. Yang tak kalah penting adalah konsistensi mengupload di jam yang sama setiap hari, kalau bisa selama satu minggu pertama,“ jelas Adex.

Ini saatnya para wirausahawan sosial untuk menggali kreativitas masing-masing dalam membuat konten dengan kisah tentang produknya. Ada banyak cara yang bisa dikreasikan dan dikolaborasikan. Promosi murah dengan jangkauan luas ini tentu merupakan peluang yang perlu dimanfaatkan seluas-luasnya untuk para wirausahawan yang baru memulai langkahnya.

Mari terus asah talenta dan potensi diri, wujudkan cita-cita menjadi berdaya dan berdikari, dan tentu saja jangan lupa berkarya dengan bahagia dan sukacita.

Anda yang tertarik bergabung dengan SEA-PIG, silahkan kontak admin PIG di nomor kontak +62 878 8740 9090.